Pesantren Wisata Pelajar (Part 3) | Udah, baca aja
Kamis, 02 Agustus 2012

Pesantren Wisata Pelajar (Part 3)

Bismillahirrahmanirrahiim... Cerita PWP mau saya sambung lagi, buat semua peserta dan panitia PWP yang baca, kalau ada yang salah koreksi ya.. Give your comment please ! :D
Sekarang cerita hari ketiga dan keempat. Semoga gak bosen bacanya, sambil ngabuburit.. :D
Hari Senin ini, sebagian besar peserta PWP tidak mandi pagi (termasuk saya..). IH, JOROK! Eits, jangan protes dulu.. Kita mau HIKING hari ini!! Yippie.. Itu sebabnya kami nggak mandi, ntar juga ada air terjun..
Sekitar pukul delapan, seluruh peserta berbaris di depan masjid dan melakukan beberapa pemanasan. Panitia juga membagikan masker dan makan siang :D
Oke, jam sembilan kami meluncur ke kaki gunung guntur.. Whoohooo.. Mountaineering akan segera dimulai *jengjengjeng*
***
Mulailah kami menyusuri trek. Jalan yang kami lalui adalah jalur truk yang suka bolak-balik mengangkut batu dan pasir. Jalan semakin menanjak dan terjal (namanya juga gunung..) dan cuaca makin panas... Beberapa peserta mulai kelelahan. Tiba di Pos 1, kami semua minum, tapi nggak banyak-banyak, soalnya nggak bagus juga buat kesehatan :D
Disana kami selonjoran sambil mendengarkan kisah hijrah Rasulullah ke Madinah yang diceritakan kakak panitia yang saya ragu namanya Kak Erwin atau Kak Edwin (???).
Oke, habis itu kami jalan lagi, kali ini lebih berat karena matahari mulai tinggi..
Tapi ada aja kakak panitia yang bikin ulah, membuat kami tertawa *HAHAHA* juga teriakan semangat dari mereka yang memotivasi para peserta. Jalan terus... Allahu Akbar!!
***
Singkat cerita, sampailah kami di Pos 2. Kami kembali mendengarkan lanjutan cerita hijrah yang tadi, terus jalan lagi.. Sekarang udah semangat lagi, Rasulullah aja yang jalan kaki dari Makkah ke Madinah (bayangin..), mana jalannya berbatu terjal dan gersang banget, panas matahari disana tau sendiri lah, apalagi sambil dikejar musuh. Subhanallah.. Betapa Allah telah menjaga RasulNya dalam perjalanan hijrah yang berat itu. Mendaki Gunung Guntur belumlah seberapa dibanding jalan kaki Makkah-Madinah.
Medan semakin berat, pasir menjadi licin dan mudah longsor jika dijadikan pijakan. Kami berjalan menanjak sambil terseok-seok mencari pijakan yang tepat agar tak tergelincir. Yang terpeleset atau jatuh diketawain :D Kalau inget momen ini saya suka senyum-senyum sendiri...
Perjalanan berlanjut. Curug Citiis masih jauh. Allahu Akbar!!!
***
Ternyata nggak bisa sepenuhnya lewat jalur truk untuk bisa sampai Curug Citiis, karena ternyata kami harus mendaki "beneran", maksudnya kita benar-benar menembus pepohonan gunung yang rapat, tanahnya juga benar-benar "bau gunung" asli. Wah, ini yang susah. Jalur yang kami lalui banyak terhalang akar pohon yang besar-besar. Tanahnya licin, kayaknya kalau mau turun ke bawah tinggal duduk aja kayak di perosotan :D
Dan itu emang bener-bener dilakukan! Kak Sumi yang pertama melakukannya, dan akhirnya kita ikutin deh, tapi saya sih nggak mau, soalnya saya pake jaket kelas yang sayang banget buat dikotorin :D
***
Setelah perjalanan panjang penuh liku itu (asseek..) sampailah kami di Curug Citiis.
Brrrsss.. Hempasan air terjun membuat tubuh segar kembali, tak sia-sia perjalanan panjang tadi dibayar dengan keindahan alam yang luarrr biasaa... Subhanallah.. Allahu Akbar :)
Setelah main air sebentar, kami makan siang dulu. Asik, ayam kecap.. *nyamnyamnyam*
Karena alergi dingin, saya nggak berani ngebasahin seluruh badan. Bisa-bisa saya bersin sepanjang perjalanan ditambah masuk angin. Ugh, gak banget.. Ini kan Liburan Cerdas Tanpa Galau, kalau sakit jadi galau dong :D
Setelah puas main air, kami dibagi Tolak Angin. Hahaha, tau gini tadi sekalian aja nyebur :D
Oke, ayo pulang! :)
***
Di perjalanan pulang, ada satu kejadian yang gak akan pernah mungkin saya lupakan. JATOH. Oke, ceritanya gini. Ada turunan yang lumayan curam. Saya bawa ranting pohon gitu, buat nahan badan saya pas turun. Rizka ada di depan saya, udah duluan di bawah. Saya pun meluncur turun, dan gawatnya, saya nggak tahu di bawah ada Rizka. Saya pake tongkat ranting buat nahan, tapi kraaakkk.. tongkatnya patah. Rizka udah deket banget di depan saya, terus saya teriak "Rizka, awaaaassss!!" Tapi waduh, Rizka belum minggir juga. Akhirnya saya belok kanan, dan pas banget Rizka juga pindah jalur ke kanan (maksudnya mau minggir karena teriakan saya tadi). Dan karena sama-sama di kanan, BUUUUUKKKKK!! Saya nabrak Rizka dan kita jatoh bersama :'(
Kontan saja temn-temen yang di belakang ketawa. Kurang lucu apa coba?? Dramatis banget :'(
Rizka langsung bangun, tapi kaki saya mash sakit luar biasa, dan akhirnya bisa bangkit setelah puas ngetawain diri sendiri sama Rizka.
MEMALUKAN, sekaligus MENYAKITKAN!
***
Sampai di asrama, semua peserta langsung mandi dan shalat Ashar dijama' takhir sama Dzuhur (tadi belom). Dan setiap kali ngobrol tentang hiking, pasti aja ada acara ngetawain jatohnya saya. Sudah jatuh, malu, diketawain pula. Sabar.. Sabar.. 
***
Malemnya, semua peserta kumpul di masjid. Awalnya mau hypnotherapy, tapi karena kondisi badan kita semua udah lelah, takutnya nggak fokus, makanya dibatalin. Jadi cuma materi aja kayak biasa, yang disampaikan sama Kak Oky.
***
Hari Keempat
Ini hari keempat saya di PWP!! 
Materi kali ini ringan-ringan, cuma Living Value Education sama Bab Shalat (malem).
Materi pertama adalah Living Value Education. Nilai Kehidupan. Setelah ngasih materi, pematerinya (saya lupa lagi, maaf) mengelompokkan peserta jadi beberapa kelompok. Kami diminta membuat Peta Pikiran (Mind Map), tentang Impian, misalnya Bumi Impian, Keluarga Impian, dan sebagainya. Kelompok saya membuat Mind Map tentang Lingkungan Impian. Di kelompok saya, yang ngegambarnya paling ancur ya saya. Makanya saya minta ditugasin nulis aja. Tapi anggota yang lain masih kecil-kecil dan imut-imut, mereka meminta saya ngegambar pohon. Alamak, jangankan pohon.. Bikin daun juga gak bener :D
Tapi daripada kelompok saya gagal gara-gara nggak ada gambar, maka saya gambar deh tuh pohon.. Hasilnya ya jangan ditanya.. Udah bisa ditebak : Gak mirip pohon samasekali. Oke, gakpapa.. Sekarang waktunya presentasi, dan lagi-lagi, saya yang disuruh presentasi. 
Presentasi selesai. Gak ada masalah.
Dan pemenangnya? Kelompok 4!! *prokprokprok* Bukan kelompok saya, tapi no problem.. :)
***
Malemnya, setelah Isya, materi Bab Shalat disampaikan Ust Yusuf. Mungkin karena melihat kami udah pada ngantuk, materinya nggak lama-lama. 
Tangan saya udah pegen ngetik, nih, hari kelima dan seterusnya disambung di Part 4 aja, ya..
Ikutin terus pengalaman saya.. Buat peserta dan panitia PWP yang kebetulan baca, maaf ya saya baru post sebagian.. :D

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bgus, trmksh ats partisipasinya, semoga keberkahah, rahmat menyertaimu, dan tentunya jd amal jariyah amin

Posting Komentar

 
;